LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN
PENGARUH MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK HAND &
BODY LOTION MARINA DI WILAYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN 2013
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas
penting bagi para pemasar. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian
konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen.
Tapi bagaimanapun juga ketidak puasan konsumen sampai tingkat tertentu masih
akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran sehingga
mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen
sebagai tujuan utama. Lebih jauh lagi karena alat menganalisis perilaku
konsumen tidak pasti, para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan secara
akurat apa sebenarnya yang dapat memuaskan para pembeli. Sekalipun para pemasar mengetahui
faktor yang meningkatkan kepuasan konsumen, mereka belum tentu dapat memenuhi
faktor tersebut. Tak diragukan lagi, konsumen tergolong aset paling berharga
bagi semua bisnis. Tanpa dukungan mereka, suatau bisnis tidak bisa eksis.
Sebaliknya jika bisnis kita sukses memberikan pelayanan terbaik, konsumen tidak
hanya membantu bisnis kita tumbuh. Lebih dari itu, mereka biasanya akan membuat
rekomendasi untuk teman dan relasinya. Menurut Susan A. Friedmann, setidaknya
perlu memahami "10 ayat-ayat" berikut agar dapat menajamkan fokus
dalam melayani konsumen. Ketahui siapa bos sebenarnya. Anda berbisnis untuk
melayani konsumen, dan Anda hanya dapat melakukan itu apabila mengetahui
keinginan mereka. Jika Anda sungguh-sungguh mendengarkan konsumen, mereka akan
menjelaskan apa yang dikehendaki dan bagaimana sebaiknya Anda memberikan
pelayanan terbaik untuk mereka. Jangan lupa bahwa yang "membayar"
gaji kita dan memungkin bisnis ini berjalan adalah konsumen.
Jadilah pendengar yang baik. Luangkan waktu untuk
menelaah kebutuhan konsumen dengan bertanya dan fokus terhadap apa yang telah
mereka katakan. Perhatikan kata-katanya, intonasi suaranya, gerak badannya, dan
yang terpenting bagaimana perasaan mereka. Jauhkan diri dari asumsi-asumsi dan
berpikir intuitif tentang keinginan konsumen.
B.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana
pengaruh motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk hand & body lotion
marina di wilayah nalumsari Jepara tahun 2013?
II.
PEMBAHASAN
A.
Landasan Teori
Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin
kita sering bertanya-tanya mengapa setiap orang memiliki ketertarikan terhadap
sesuatu yang berbeda-beda, mengapa ada orang yang memiliki cita-cita sangat
tinggi, sedangkan ada juga yang hanya menjadi orang
yang biasa-biasa saja. Ada yang sudah puas menjadi ibu rumah tangga, tetapi di
sisi lain ada juga yang ingin menjadi presiden. Apa yang membuat mereka
termotivasi, dan apa yang membuat mereka tidak termotivasi. Pertanyaan-pertanya
semacam itu sudah ada sejak beberapa puluh tahun silam, dan salah satu orang
mencoba menjawab pertanyaan tersebut adalah Abraham Maslow. Abraham Maslow
sudah pernah mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam karyanya yang
dipublikasikan dengan judul, “Theory of Human Motivation” pada tahun
1943.
Pada
karyanya tersebut, Abraham Maslow memperkenalkan pemikirannya mengenai motivasi
dihubungkan dengan kebutuhan manusa. Ia menjelaskan mengenai hirarki kebutuhan
manusia dengan konsep, “Piramida Kebutuhan Maslow”.
Dengan
model ini, Maslow menjelaskan bahwa kebutuhan manusia bertingkat, mulai dari
kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi pada bagian bawah piramid, dan kebutuhan
manusia meningkat terus ke atas apabila jenis kebutuhan yang dasar sudah
terpenuhi. Mulai dari kebutuhan yang paling dasar adalah kebutuhan fisiologis,
kemudian berlanjut ke kebutuhan akan keamanana (safety), kebutuhan
dicintai (Love/belonging), kebutuhan untuk rasa percaya diri (Esteem),
dan kebutuhan puncak, yaitu aktualisasi diri (self-actualization).
B.
Hasil Penelitian
Kebutuhan
Fisiologis
Pernyataan
|
n
|
Keterangan
|
|
1
|
Hand
& body lotin adalah kebutuhan fisiologis kulitmu setiap hari
|
10
|
10
responden memilih sangat setuju
|
2
|
Memakai
hand & body lotin marina membuat kulit lebih halus dan lembut
|
8
|
8
responden memilih setuju
|
3
|
Kualitas
hand & body lotion marina lebih baik dari hand & body lain
|
9
|
9
responden memilih netral/ ragu-ragu
|
Keterangan:
Pada
dasarnya, manusia harus memenuhi kebutuhan fisiologisnya untuk dapat bertahan
hidup. Pada hirarki yang paling bawah ini, manusia harus memenuhi kebutuhan
makanan, tidur, minum, seks, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan fisik
badan. Bila kebutuhan dasar ini belum terpenuhi, maka manusia akan mengalami
kesulitan untuk berfungsi secara normal.
Hasil penelitiannya adalah, Untuk pernyataan
“Hand & body lotin adalah kebutuhan fisiologis kulitmu setiap hari” ada
sebanyak 10 responden yang menyatakan sangat setuju atau sekitar 50%, 9
responden setuju (45%) dan 1 responden menyatakan netral/ragu-ragu yakni
sekitar 5%. Sedangkan untuk pernyataan saya “Memakai hand & body lotin
marina membuat kulit lebih halus dan lembut” ada 8 (40%) responden yang
menjawab sangat setuju, 7 (35%) responden setuju dengan pernyataan saya, 20%
(4) responden memilih netral/ragu-ragu dan 1 (5%0 responden tidak setuju. Dan
untuk pernyataan saya yang menyatakan “Kualitas hand & body lotion marina
lebih baik dari hand & body lain” 1 responden atau hanya 5% yang sangat
setuju, 25% atau 5 responden setuju, sebanyak 9 responden atau 45% memili
netral/ragu-ragu dan 25% responden tidak setuju dengan pernyataan saya. Dapat
saya simpulkan bahwa hand & body lotion adal;ah kebutuhan fisiologis kulit
kaum hawa setiap hari agar kulit menjadi lebih halus dan lembut.
Kebutuhan
Keamanan
Pernyataan
|
n
|
keterangan
|
|
1
|
Hand
& body lotion Marina melindungi kulit dari paparan sinar matahari
|
11
|
11
responden memilih setuju
|
2
|
Hand
& body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit
dan tangan
|
10
|
10
responden memilih setuju
|
3
|
Hand
& body lotion Marina sudah tercantun dalam Kemenkes RI Hand & body
lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit dan tangan
|
9
|
9
responden memilih netral / ragu-ragu
|
Keterangan:
Pada
hirarki tingkat kedua, manusia membutuhkan rasa keamanan dalam dirinya. Baik
keamanan secara harfiah (keamanan dari perampok, orang jahat, dan lain-lain),
maupun keamanan secara finansial ataupun hal lainnya. Dengan memenuhi kebutuhan
keamanan tersebut, dapat dipastikan bahwa kebutuhan manusia dapat berlanjut ke
tahap berikutnya, yaitu kebutuhan kasih sayang dan sosial.
Hasil
penalitian yang telah saya lakukan adalah, sebanyak 20% responden sngat setuju
dengan pernyataan saya, sebanyak 11 atau 55% responden setuju dengan pernyataan
saya, 4 responden (20%) memilih ragu-ragudan 1 responden tidak setuju dengan
pernyataan saya yang mengatakan bahwa “Hand & body lotion Marina melindungi
kulit dari paparan sinar matahari”. Sedangkan untuk pernyataan saya selanjutnya
adalah “Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan
kulit dan tangan” ada 35% atau sekitar 7 responden sangat setuju,10 responden
atau sebesar 50% setuju,10% responden memilih netral atau ragu-ragu dan 1
responden memilih tidak setuju dengan pernyataan yang saya berikan. Untuk
pernyataan saya yang terakhir ada 1 responden yang sangat setujuatau hanya 5%,
40% responden atau sebanyak 8 orang setuju, sebesar 45% atau 9 responden memilh
netral dan 2 responden (10%) tidak setuju dengan pernyataan saya yang
mengatakan “Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada
permukaan kulit dan tangan”. Dari pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa
kaum hawa menggunakan hand & body lotion marina agar kulitnya terlindungi
dari paparan sinar matahari, tetapi banyak yang merasa ragu akan hand &
body lotion Marina yang sudah tercantun dalam Kemenkes RI.
Kebutuhan
Sosial
Pernyataan
|
N
|
keterangan
|
|
1
|
Hand
& body lotion Marina dapat ditemukan di toko manapun
|
13
|
13
responden memilih netral/ ragu-ragu
|
2
|
Menggunakan
Hand & body lotin Marina Karena tertarik dengan promosi di iklan
|
6
|
6
responden memilih setuju
|
3
|
Teman
dan kerabat banyak yang menggunakan Hand & body lotion Marina
|
10
|
10
responden memilih netral/ ragu-ragu
|
Keterangan:
Setelah
memenuhi 2 kebutuhan yang bersifat individu, kini manusia menapaki kebutuhan
untuk diterima secara sosial. Emosi menjadi “pemain” utama dalam hirarki ketiga
ini. Perasaan menyenangkan yang dimiliki pada saat kita memiliki sahabat,
seseorang untuk berbagi cerita, hubungan dekat dengan keluarga adalah tujuan
utama dari memenuhi kebutuhan sosial ini.
Dari penelitian tersebut, saya dapatkan ada sebanyak 13
atau sebesar 65% responden memilih netral atau ragu-ragu, 6 (30%) responden
setuju dengan pernyataan saya yang mengatakan “Hand & body lotion Marina dapat
ditemukan di toko manapun” dan 1 responden tidak
setuju. “Menggunakan Hand & body lotin Marina Karena
tertarik dengan promosi di iklan” ada 4 responden atau 20%
sangat setuju, sebesar 30% atau sebanyak 6 responden setuju, 25% responden
memilih netral dan 5 responden memilih tidak setuju. Kebanyakan responden
memilih netral dengan pearnyataan saya “Teman dan kerabat banyak yang menggunakan Hand
& body lotion Marina” yakni sebanyak 10 atau
50% responden yang saya teliti8 responden setuju dan 2 responden (10%) tidak
setuju. Dari penelitian tersebut dapat saya simpulkan bahwa hand & body
lotion marina mudah ditemukan ditoko dan menggunakan hand & body lotion
marina karena teman dan kerabat banyak yang menggunakannya pula.
Kebutuhan Ego
Pernyataan
|
N
|
Keterangan
|
|
1
|
Memakai
Hand & body lotin Marina setiap hari membuat percaya diri
|
8
|
8
responden memilih setuju
|
2
|
Harga
Hand & body lotion Marina lebih terjangkau dari handbody lain
|
9
|
9
responden memilih setuju
|
3
|
Menggunakan
hand & body lotion Marinakarena merknya terkenal
|
9
|
9
responden memilih netral/ ragu-ragu
|
Keterangan:
Semua
orang pasti ingin dihormati dan ingin merasa berguna bagi orang lain. Kebutuhan
semacam ini tertuang pada hirarki pada tahap keempat dalam piramid Abraham
Maslow. Kebutuhan untuk percaya diri ini biasanya muncul setelah ketiga
kebutuhan yang lebih mendasar sudah terpenuhi, meskipun tidak menutup
kemungkinan bahwa kebutuhan semacam ini dapat muncul tanpa harus memenuhi
ketiga kebutuhan yang lebih mendasar.
Hasil penelitian menunjukkan sebesar 8 responden atau 40%
setuju dengan saya yang menyatakan “Memakai Hand & body lotin Marina setiap
hari membuat percaya diri” sebesar 20% atau 4
responden sangat setuju, 3 responden memilih netral (15%)dan sebesar 25% atau 5 responden tidak setuju. Untuk
pernyataaan saya “Harga Hand & body lotion Marina lebih
terjangkau dari handbody lain” ada 6 responden yang
menyatakan sangat setuju atau sekitar (30%), sebesar 45% sebanyak 9 responden
setuju, 1 responden memilih netral dan 4 responden (20%) tidak setuju, “Menggunakan
hand & body lotion Marinakarena merknya terkenal” ada8 responden atau sekitar 40% setuju dengan
pernyataan saya, sebesar45% atau 5 responden memilih netrl, dan 1 responden
tidak setuju. Dapat saya simpulkan bahwa harga hand & body marina lebih
terjangkau dari hand & body lain dan memilih menggunakan dand & body
lotin Marina karena merknya terkenal.
Kebutuhan aktualisasi diri
Pernyataan
|
n
|
Keterangan
|
|
1
|
Memilih
menggunakan hand & body lotion Marina dengan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki
|
11
|
11
responden memilih netral/ ragu-ragu
|
2
|
Merekomendasikan
teman dan kerabat untuk memakai hand body lotion marina
|
8
|
8
responden memilih setuju
|
3
|
Memilih
hand & body lotion Marina karena memberikan manfaat yang bagus bagi kulit
|
8
|
8
responden memilih setuju
|
Keterangan:
Kebutuhan
ini akan muncul bila seseorang merasa seluruh kebutuhan mendasarnya sudah
terpenuhi. Pada hirarki ini, biasanya seseorang akan berhadapan dengan ambisi
untuk menjadi seseorang memiliki kemampuan lebih. Seperti mengaktualisasikan
diri untuk menjadi seorang ahli dalam bidang ilmu tertentu, atau hasrat untuk
mengetahui serta memenuhi ketertarikannya akan suatu hal.
Hasil penelitian ini adalah sebesar 55% atau sebanyak 11
responden memilih netral dengan pernyataan saya “Memilih menggunakan hand & body lotion
Marina dengan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki” 6 atau 30% responden setuju dan 3 atau 15% responden
tidak setuju, untuk pernyataan saya yang kedua yakni “Merekomendasikan
teman dan kerabat untuk memakai hand body lotion marina” mayoritas responden setuju yaitu sebanyak 8 responden,
35% atau 7 responden memilih netral dan 5 responden (25%) tidak setuju dengan
pernyataan saya. Untuk pernyataan saya yang terakhir ” Memilih
hand & body lotion Marina karena memberikan manfaat yang bagus bagi kulit” ada sebesar 40% atau 8 responden setuju, 4 responden
atau 20% sangat setuju, 35% atau 7 responden memilih netral, dan 1 responden
tidak setuju dengan pernyataan saya. Dari penelitian ini dapat saya simpulkan
kaum hawa memilih menggunakan hand & body lotion Marina karena memberikan
manfaat yang bagus bagi kulit juga memiliki keunggulan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar