Sabtu, 25 Mei 2013

PENELITIAN KONSUMEN



LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN
PENGARUH MOTIVASI DAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK HAND & BODY LOTION MARINA DI WILAYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN 2013

I.            PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Tapi bagaimanapun juga ketidak puasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran sehingga mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Lebih jauh lagi karena alat menganalisis perilaku konsumen tidak pasti, para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan secara akurat apa sebenarnya yang dapat memuaskan para pembeli. Sekalipun para pemasar mengetahui faktor yang meningkatkan kepuasan konsumen, mereka belum tentu dapat memenuhi faktor tersebut. Tak diragukan lagi, konsumen tergolong aset paling berharga bagi semua bisnis. Tanpa dukungan mereka, suatau bisnis tidak bisa eksis. Sebaliknya jika bisnis kita sukses memberikan pelayanan terbaik, konsumen tidak hanya membantu bisnis kita tumbuh. Lebih dari itu, mereka biasanya akan membuat rekomendasi untuk teman dan relasinya. Menurut Susan A. Friedmann, setidaknya perlu memahami "10 ayat-ayat" berikut agar dapat menajamkan fokus dalam melayani konsumen. Ketahui siapa bos sebenarnya. Anda berbisnis untuk melayani konsumen, dan Anda hanya dapat melakukan itu apabila mengetahui keinginan mereka. Jika Anda sungguh-sungguh mendengarkan konsumen, mereka akan menjelaskan apa yang dikehendaki dan bagaimana sebaiknya Anda memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Jangan lupa bahwa yang "membayar" gaji kita dan memungkin bisnis ini berjalan adalah konsumen.
Jadilah pendengar yang baik. Luangkan waktu untuk menelaah kebutuhan konsumen dengan bertanya dan fokus terhadap apa yang telah mereka katakan. Perhatikan kata-katanya, intonasi suaranya, gerak badannya, dan yang terpenting bagaimana perasaan mereka. Jauhkan diri dari asumsi-asumsi dan berpikir intuitif tentang keinginan konsumen.

B.     RUMUSAN MASALAH
Bagaimana pengaruh motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk hand & body lotion marina di wilayah nalumsari Jepara tahun 2013?

II.            PEMBAHASAN
A.    Landasan Teori
Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa setiap orang memiliki ketertarikan terhadap sesuatu yang berbeda-beda, mengapa ada orang yang memiliki cita-cita sangat tinggi, sedangkan ada juga yang hanya menjadi orang yang biasa-biasa saja. Ada yang sudah puas menjadi ibu rumah tangga, tetapi di sisi lain ada juga yang ingin menjadi presiden. Apa yang membuat mereka termotivasi, dan apa yang membuat mereka tidak termotivasi. Pertanyaan-pertanya semacam itu sudah ada sejak beberapa puluh tahun silam, dan salah satu orang mencoba menjawab pertanyaan tersebut adalah Abraham Maslow. Abraham Maslow sudah pernah mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam karyanya yang dipublikasikan dengan judul, “Theory of Human Motivation” pada tahun 1943.
Pada karyanya tersebut, Abraham Maslow memperkenalkan pemikirannya mengenai motivasi dihubungkan dengan kebutuhan manusa. Ia menjelaskan mengenai hirarki kebutuhan manusia dengan konsep, “Piramida Kebutuhan Maslow”.
Dengan model ini, Maslow menjelaskan bahwa kebutuhan manusia bertingkat, mulai dari kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi pada bagian bawah piramid, dan kebutuhan manusia meningkat terus ke atas apabila jenis kebutuhan yang dasar sudah terpenuhi. Mulai dari kebutuhan yang paling dasar adalah kebutuhan fisiologis, kemudian berlanjut ke kebutuhan akan keamanana (safety), kebutuhan dicintai (Love/belonging), kebutuhan untuk rasa percaya diri (Esteem), dan kebutuhan puncak, yaitu aktualisasi diri (self-actualization).
B.     Hasil Penelitian
Kebutuhan Fisiologis

Pernyataan
n
Keterangan
1
Hand & body lotin adalah kebutuhan fisiologis kulitmu setiap hari
10
10 responden memilih sangat setuju
2
Memakai hand & body lotin marina membuat kulit lebih halus dan lembut
8
8 responden memilih setuju
3
Kualitas hand & body lotion marina lebih baik dari hand & body lain
9
9 responden memilih netral/ ragu-ragu
Keterangan:
Pada dasarnya, manusia harus memenuhi kebutuhan fisiologisnya untuk dapat bertahan hidup. Pada hirarki yang paling bawah ini, manusia harus memenuhi kebutuhan makanan, tidur, minum, seks, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan fisik badan. Bila kebutuhan dasar ini belum terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan untuk berfungsi secara normal.
Hasil penelitiannya adalah, Untuk pernyataan “Hand & body lotin adalah kebutuhan fisiologis kulitmu setiap hari” ada sebanyak 10 responden yang menyatakan sangat setuju atau sekitar 50%, 9 responden setuju (45%) dan 1 responden menyatakan netral/ragu-ragu yakni sekitar 5%. Sedangkan untuk pernyataan saya “Memakai hand & body lotin marina membuat kulit lebih halus dan lembut” ada 8 (40%) responden yang menjawab sangat setuju, 7 (35%) responden setuju dengan pernyataan saya, 20% (4) responden memilih netral/ragu-ragu dan 1 (5%0 responden tidak setuju. Dan untuk pernyataan saya yang menyatakan “Kualitas hand & body lotion marina lebih baik dari hand & body lain” 1 responden atau hanya 5% yang sangat setuju, 25% atau 5 responden setuju, sebanyak 9 responden atau 45% memili netral/ragu-ragu dan 25% responden tidak setuju dengan pernyataan saya. Dapat saya simpulkan bahwa hand & body lotion adal;ah kebutuhan fisiologis kulit kaum hawa setiap hari agar kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Kebutuhan Keamanan

Pernyataan
n
keterangan
1
Hand & body lotion Marina melindungi kulit dari paparan sinar matahari
11
11 responden memilih setuju
2
Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit dan tangan
10
10 responden memilih setuju
3
Hand & body lotion Marina sudah tercantun dalam Kemenkes RI Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit dan tangan
9
9 responden memilih netral / ragu-ragu

Keterangan:
Pada hirarki tingkat kedua, manusia membutuhkan rasa keamanan dalam dirinya. Baik keamanan secara harfiah (keamanan dari perampok, orang jahat, dan lain-lain), maupun keamanan secara finansial ataupun hal lainnya. Dengan memenuhi kebutuhan keamanan tersebut, dapat dipastikan bahwa kebutuhan manusia dapat berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu kebutuhan kasih sayang dan sosial.
Hasil penalitian yang telah saya lakukan adalah, sebanyak 20% responden sngat setuju dengan pernyataan saya, sebanyak 11 atau 55% responden setuju dengan pernyataan saya, 4 responden (20%) memilih ragu-ragudan 1 responden tidak setuju dengan pernyataan saya yang mengatakan bahwa “Hand & body lotion Marina melindungi kulit dari paparan sinar matahari”. Sedangkan untuk pernyataan saya selanjutnya adalah “Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit dan tangan” ada 35% atau sekitar 7 responden sangat setuju,10 responden atau sebesar 50% setuju,10% responden memilih netral atau ragu-ragu dan 1 responden memilih tidak setuju dengan pernyataan yang saya berikan. Untuk pernyataan saya yang terakhir ada 1 responden yang sangat setujuatau hanya 5%, 40% responden atau sebanyak 8 orang setuju, sebesar 45% atau 9 responden memilh netral dan 2 responden (10%) tidak setuju dengan pernyataan saya yang mengatakan “Hand & body lotion Marina aman dan nyaman saat dioleskan pada permukaan kulit dan tangan”. Dari pemaparan diatas dapat saya simpulkan bahwa kaum hawa menggunakan hand & body lotion marina agar kulitnya terlindungi dari paparan sinar matahari, tetapi banyak yang merasa ragu akan hand & body lotion Marina yang sudah tercantun dalam Kemenkes RI.

Kebutuhan Sosial

Pernyataan
N
keterangan
1
Hand & body lotion Marina dapat ditemukan di toko manapun
13
13 responden memilih netral/ ragu-ragu
2
Menggunakan Hand & body lotin Marina Karena tertarik dengan promosi di iklan
6
6 responden memilih setuju
3
Teman dan kerabat banyak yang menggunakan Hand & body lotion Marina
10
10 responden memilih netral/ ragu-ragu

Keterangan:
Setelah memenuhi 2 kebutuhan yang bersifat individu, kini manusia menapaki kebutuhan untuk diterima secara sosial. Emosi menjadi “pemain” utama dalam hirarki ketiga ini. Perasaan menyenangkan yang dimiliki pada saat kita memiliki sahabat, seseorang untuk berbagi cerita, hubungan dekat dengan keluarga adalah tujuan utama dari memenuhi kebutuhan sosial ini.
Dari penelitian tersebut, saya dapatkan ada sebanyak 13 atau sebesar 65% responden memilih netral atau ragu-ragu, 6 (30%) responden setuju dengan pernyataan saya yang mengatakan “Hand & body lotion Marina dapat ditemukan di toko manapun” dan 1 responden tidak setuju. “Menggunakan Hand & body lotin Marina Karena tertarik dengan promosi di iklan” ada 4 responden atau 20% sangat setuju, sebesar 30% atau sebanyak 6 responden setuju, 25% responden memilih netral dan 5 responden memilih tidak setuju. Kebanyakan responden memilih netral dengan pearnyataan saya “Teman dan kerabat banyak yang menggunakan Hand & body lotion Marina” yakni sebanyak 10 atau 50% responden yang saya teliti8 responden setuju dan 2 responden (10%) tidak setuju. Dari penelitian tersebut dapat saya simpulkan bahwa hand & body lotion marina mudah ditemukan ditoko dan menggunakan hand & body lotion marina karena teman dan kerabat banyak yang menggunakannya pula.
Kebutuhan  Ego

Pernyataan
N
Keterangan
1
Memakai Hand & body lotin Marina setiap hari membuat percaya diri
8
8 responden memilih setuju
2
Harga Hand & body lotion Marina lebih terjangkau dari handbody lain
9
9 responden memilih setuju
3
Menggunakan hand & body lotion Marinakarena merknya terkenal
9
9 responden memilih netral/ ragu-ragu
Keterangan:
Semua orang pasti ingin dihormati dan ingin merasa berguna bagi orang lain. Kebutuhan semacam ini tertuang pada hirarki pada tahap keempat dalam piramid Abraham Maslow. Kebutuhan untuk percaya diri ini biasanya muncul setelah ketiga kebutuhan yang lebih mendasar sudah terpenuhi, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa kebutuhan semacam ini dapat muncul tanpa harus memenuhi ketiga kebutuhan yang lebih mendasar.
Hasil penelitian menunjukkan sebesar 8 responden atau 40% setuju dengan saya yang menyatakan “Memakai Hand & body lotin Marina setiap hari membuat percaya diri” sebesar 20% atau 4 responden sangat setuju, 3 responden memilih netral (15%)dan sebesar 25%  atau 5 responden tidak setuju. Untuk pernyataaan saya “Harga Hand & body lotion Marina lebih terjangkau dari handbody lain” ada 6 responden yang menyatakan sangat setuju atau sekitar (30%), sebesar 45% sebanyak 9 responden setuju, 1 responden memilih netral dan 4 responden (20%) tidak setuju, “Menggunakan hand & body lotion Marinakarena merknya terkenal” ada8 responden atau sekitar 40% setuju dengan pernyataan saya, sebesar45% atau 5 responden memilih netrl, dan 1 responden tidak setuju. Dapat saya simpulkan bahwa harga hand & body marina lebih terjangkau dari hand & body lain dan memilih menggunakan dand & body lotin Marina karena merknya terkenal.

Kebutuhan aktualisasi diri


Pernyataan
n
Keterangan
1
Memilih menggunakan hand & body lotion Marina dengan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki
11
11 responden memilih netral/ ragu-ragu
2
Merekomendasikan teman dan kerabat untuk memakai hand body lotion marina
8
8 responden memilih setuju
3
Memilih hand & body lotion Marina karena memberikan manfaat yang bagus bagi kulit
8
8 responden memilih setuju
Keterangan:
Kebutuhan ini akan muncul bila seseorang merasa seluruh kebutuhan mendasarnya sudah terpenuhi. Pada hirarki ini, biasanya seseorang akan berhadapan dengan ambisi untuk menjadi seseorang memiliki kemampuan lebih. Seperti mengaktualisasikan diri untuk menjadi seorang ahli dalam bidang ilmu tertentu, atau hasrat untuk mengetahui serta memenuhi ketertarikannya akan suatu hal.
Hasil penelitian ini adalah sebesar 55% atau sebanyak 11 responden memilih netral dengan pernyataan saya “Memilih menggunakan hand & body lotion Marina dengan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki” 6 atau 30% responden setuju dan 3 atau 15% responden tidak setuju, untuk pernyataan saya yang kedua yakni “Merekomendasikan teman dan kerabat untuk memakai hand body lotion marina” mayoritas responden setuju yaitu sebanyak 8 responden, 35% atau 7 responden memilih netral dan 5 responden (25%) tidak setuju dengan pernyataan saya. Untuk pernyataan saya yang terakhir ” Memilih hand & body lotion Marina karena memberikan manfaat yang bagus bagi kulit” ada sebesar 40% atau 8 responden setuju, 4 responden atau 20% sangat setuju, 35% atau 7 responden memilih netral, dan 1 responden tidak setuju dengan pernyataan saya. Dari penelitian ini dapat saya simpulkan kaum hawa memilih menggunakan hand & body lotion Marina karena memberikan manfaat yang bagus bagi kulit juga memiliki keunggulan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar